Sukses

Donor Liver

18 Oct 2015, 15:22 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, apa bisa liver itu d donor kan, dan efeknya apa bagi yg pendonor.... Soalny ada yg mw donor bwt kluarga Trimakasi....

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Organ liver atau Hati, merupakan salah satu organ yang dapat didonorkan melalui tindakan pembedahan.

Transplantasi hati, merupakan prosedur pembedahan yang dilakukan pada pasien dengan gagal hepar/liver/hati untuk menggantikan organ hati yang telah rusak, dengan organ hati sehat dari pendonor. Ketika seorang pasien menjalani transplantasi ini, seluruh organ hati (walaupun masih ada bagian yang sehat) akan diangkat, dan digantikan oleh bagian organ hati pendonor.

Dalam prosedurnya, dokter akan mengangkat bagian dari hati pendonor (tidak seluruhnya), umumnya hati bagian kanan, kemudian bagian hati yang diangkat tersebut akan ditempatkan pada penerima donor untuk menggantikan hatinya yang telah rusak.

Dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan setelahnya, baik bagian hati yang ditransplantasikan, dan bagian hati yang tersisa pada pendonor, akan tumbuh kembali keukuran dan bentuk normal, dan menjalankan fungsinya.

Untuk itu, dalam waktu tersebut baik pendonor maupun penerima donor harus melakukan pemeriksaan kontrol untuk dapat mengevaluasi hasil operasi dan fungsi hatinya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar