Sukses

Hasil Mammografi

15 Oct 2015, 10:54 WIB
Wanita, 49 tahun.

Doc, hsl mamograf sy: kelenjer axilla knan membsr mencurigakan reactive lymphadenopathy,kesan:dens mammae,sulit membedakan tanda" s.o.l diantara jaringan kelenjer yg relatif padat.Apa artinya ya ,Doc?Hsl lab,hemoglobin L7,4,hematokrit L24,mcv L 61,Mch L18,Mchc L29,thks.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Mammografi adalah salah satu pemerikaan skriing kanker payudara. Umumnya, selain mammografi, dilakukan juga pemeriksaan USG payudara. Berdasarkan penyelidikan, jika mamografi dan ultrasonografi dipakai bersama-sama dalam prosedur diagnostik, maka akan diperoleh nilai ketepatan diagnosis sebesar 97%. Apabila kedua teknik tersebut dipergunakan secara tersendiri akan diperoleh nilai ketepatan diagnostik untuk mamografi sebesar 94% sedangkan USG hanya 78%.

Mamografi terutama berperan pada payudara yang mempunyai jaringan lemak yang dominan serta jaringan fibroglandular yang relatif lebih sedikit dan ini biasanya ditemukan pada wanita dewasa diatas umur 40 tahun, yang pada umur tersebut kekerapan terjadinya keganasan payudara makin meningkat. Peranan mamografi menjadi berkurang pada payudara yang mempunyai jaringan fibroglandular padat dimana keadaan ini sering terdapat pada wanita muda dibawah 30 tahun. Mamografi juga berperan dalam mengenal keganasan payudara pada penderita yang secara klinis teraba benjolan yang bersifat jinak, baik itu di payudara yang sama atau payudara yang sebelahnya.

Dari hasil mammografi yang telah Anda jalani sulit untuk membedakan SOL/lesi pada payudara Anda karena jaringan fibroglandular (kelenjar) yang padat. Dalam kasus ini, bila keluhan utama Anda adalah teraba benjolan pada payudara, maka sebaiknya dilakukan juga pemeriksaan USG payudara.

Untuk penjelasan lebih lanjut, agar disesuaikan dengan kondisi Anda, maka sebaiknya Anda juga berdiskusi dengan dokter yang sebelumnya telah memeriksa Anda.

. Berikut artikel yang dapat kami sampaikan untuk menambah informasi Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar