Sukses

Telinga Berdenging

05 Mar 2015, 15:47 WIB
Pria, 45 tahun.

dok, telinga saya berdenging, udah berobat tetapi masih berdrnging, kenapa ya dok, apa yang harus aku lalukan mohon solusinya.. timakasih....

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Sebelumnya kami akan mencoba menjelaskan tentang keluhan yang Anda alami.

Telinga berdenging 
Telinga berdenging atau tinitus dalam istilah medis, adalah salah satu bentuk gangguan pendengaran berupa sensasi suara tanpa adanya rangsangan dari luar.

Apakah penyebabnya?
Penyebab tinitus sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti, sebagian besar kasus tidak diketahui penyebabnya. Namun, seringkali terdapat beberapa keadaan yang dapat memberikan gejala tinitus seperti infeksi pada telinga, kotoran/benda asing di dalam telinga, trauma di dalam telinga akibat suara keras, gangguan pendengaran dan efek samping dari obat-obatan.

Pembagian Tinitus
Tinitus dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Tinitus objektif, bila suara tersebut dapat didengar juga oleh pemeriksa.     Umumnya disebabkan karena kelainan pembuluh darah, sehingga tinitusnya     berdenyut mengikuti denyut jantung.
  2. Tinitus subjektif, bila suara tersebut hanya didengar oleh pasien sendiri, jenis ini sering terjadi.

Penatalaksanaan
Perlu diketahui penyebab tinitus agar dapat diobati sesuai penyebabnya. Jika penyebabnya diketahui, biasanya tinitus dapat dihilangkan, Namun jika tidak diketahui pasti penatalaksanaannya lebih sulit dilakukan.

Berdasarkan informasi yang diberikan, telinga berdenging yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Untuk itu perlu dilakukan wawancara dan  pemeriksaan telinga dengan lebih seksama untuk menemukan penyebab pastinya. Jika penyebab pasti tidak dapat ditemukan, tentunya pengobatan akan lebih sulit dan membutuhkan kesabaran dalam menjalani pengobatan. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT terdekat.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar