Sukses

Keguguran Harus Dikuret?

15 Oct 2015, 11:49 WIB
Wanita, 23 tahun.

Jika keguguran tidak di kiret/ dibersihkan, apakah akan terjadi kelainan jika hamil lg dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Penanganan pada kasus abortus disesuaikan dengan jenisnya. Apabila telah terjadi abortus complete, maka umumnya tidak lagi dibutuhkan tindakan kuretase.

Kuretase merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengeluarkan sisa jaringan yang terdapat di dalam rahim yang dapat menyebabkan terjadinya perdarahan vagina yang abnormal. Kuretase tidak harus dilakukan pada setiap kasus keguguran (abortus). Kuretase hanya dilakukan pada jenis keguguran dimana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Diantara jenis keguguran tersebut adalah abortus inkomplit dan missed abortion. Jika terdapat  jaringan-jaringan sisa, jaringan-jaringan mati yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi.

Bisa tidaknya seorang ibu untuk kembali hamil pasca keguguran bukan ditentukan oleh kuretase, melainkan dari penyebab keguguran pada kehamilan sebelumnya dan kondisi kesehatan organ reproduksi. Untuk itu, rutinlah melakukan pemeriksaan kepada dokter kandungan Anda untuk memantau kondisi kesehatan organ reproduksi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar