Sukses

Perawatan Kawat Gigi dengan BPJS ?

23 Feb 2015, 13:05 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok apakah bisa saya memasang behel di dokter rumah sakit atw diluar rumah sakit dengan dokter yg membuka praktek di luar dgn menggunakan BPJS sya dok??

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Program BPJS ini bertujuan untuk melayani kesehatan masyarakat dengan metode pelayanan yang berjenjang, dan perawatan gigi termasuk dalam program pelayanan kesehatan tersebut.  Untuk perawatan gigi yang dibutuhkan oleh seorang pasien bisa didapatkan dari dokter gigi klinik yang bekerja sama dengan BPJS atau puskesmas. Beberapa tindakan yang diperlukan oleh pasien dapat dilayani dengan BPJS selama tidak berindikasi estetik dan tentunya berdasarkan rekomendasi dokter atau dokter gigi.

Pelayanan BPJS yang meliputi perawatan gigi telah di paparkan pada Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat (1) yaitu Administrasi pelayanan terdiri atas biaya pendaftaran pasien dan biaya administrasi lain yang terjadi selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien; pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis; premedikasi; kegawatdaruratan oro-dental; pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi) ; pencabutan gigi permanen tanpa penyulit;  obat pasca ekstraksi/pencabutan;  tumpatan komposit/GIC; dan skeling gigi.

Jadi perawatan pemasangan kawat gigi tidak ditanggung oleh BPJS, dan besarnya dana yang harus dikeluarkan oleh Anda terkait perawatan ini cukup bervariasi bergantung dari jenis alat yang digunakan dan kebijakan dari masing-masing dokter/klinik/rumah sakit.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar