Sukses

Mata Berwarna Kuning

14 Mar 2015, 23:09 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, mata saya bagian yang putihnya itu berwarna kuning, terus banyak urat" nya.. Tidah keperti mata yang biasa d iklan" yang jernih.. Tidak pedih sih, apakah hal tersebut berbahaya? Klo d beribobat tetes mata yang biasa d pasaran apa ada pengaruhnya?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Warna konjungtiva (bagian mata berwarna putih) yang menjadi kuning dapat menjadi salah satu pertanda adanya kelainan pada organ hati (hepatitis). Namun diperlukan informasi lebih banyak sekaligus pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (laboratorium) untuk menentukan kondisi Anda pada saat ini. Warna konjungtiva yang keruh juga dapat disebabkan karena paparan polusi, debu, maupun asap.

Sementara mata merah disebabkan oleh dilatasi atau pelebaran pembuluh darah mata. Untuk mengetahui penyebab dari pelebaran tersebut, perlu dibedakan antara pelebaran pembuluh darah silier atau konjungtiva. Pelebaran pembuluh darah silier menunjukkan adanya peradangan pada bagian kornea, iris, atau badan siliaris mata.

Penyebab mata merah paling sering adalah iritasi, peradangan konjungtiva karena infeksi bakteri, virus, maupun karena alergi, mata merah dapat juga disebabkan oleh peradangan pada iris, kornea, dan peningkatan tekanan bola mata akut. Penyebab lain dapat berupa adanya benda asing, trauma, perdarahan di bawah konjungtiva, dll. 

Untuk mengembalikan warna putih mata Anda, pemberian tetes mata kurang tepat karena tidak mengatasi penyebab yang mendasari. Sebaiknya Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis mata, Agar dapat dilakukan pemeriksaan mata disertai pengobatan yang optimal.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar