Sukses

Usia 1 Tahun Belum Tumbuh Gigi dan Bisa Berjalan

03 Jul 2015, 05:07 WIB
Wanita, 29 tahun.

Anak saya usianya sudah 1 tahun, tapi belum tumbuh gigi dan belum bisa jalan dan juga rambutnya sedikit, apakah masih bisa ditolerir atau gimana ya dok? dan apa yang harus saya lakukan? apakah perlu dibawa ke klinik tumbuh kembang? maaf pertanyaan nya banyak .... Terima kasih banyak, semoga Dokter selalu sehat dan sukses slalu :) salam

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Secara teori gigi susu pada balita akan mulai tumbuh pada usia 6 bulan dan lengkap pada usia 3 tahun, namun gigi susu pertama dapat tumbuh kapan saja pada rentang waktu 3-12 bulan. Kemuculan gigi-gigi tersebut mempunyai waktunya masing-masing dan urutan dari kemunculannya tersebut tidak tergantung dari urutan berdasarkan susunannya dalam mulut.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah sejak gigi muncul dalam rongga  mulut maka sejak itu pula gigi memiliki resiko kerusakan maka sebaiknya jagalah kebersihannya sehingga dapat terhindar dari kerusakan atau karies gigi.

Anak Belum Bisa berjalan.

Apakah saat ini anak Anda sudah bisa duduk sendiri atau merangkak? Apabila sudah, kemungkinan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Seorang anak dapat berdiri sendiri dan dapat berjalan pada usia 12-18 bulan. Anda dapat mengoptimalkan perkembangan motorik kasarnya dengan melatih anak Anda untuk berdiri dan berjalan dengan dituntun. Untuk penjelasan lebih lanjut Anda dapat mengunjungi dokter spesialis anak Anda. 

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca

Perilaku Ibu Tentukan Kesehatan Gigi Anak

Gigi Susu (5 Juli 2010)

Nge-Dot Pada Anak Sebabkan Gigi Rusak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam

1 Komentar

  • shelluvin Blue

    selamat siang dokter, saya membaca artikel ini, namun tidak mendapat jawaban mengenai pertumbuhan gigi anak 1 tahun. mungkin bisa dijelaskan kembali dok, jika berkenan, apakah jika anak sudah 1 tahun namun giginya belum tumbuh, ada sesuatu yang salah? sehingga kami perlu ke dokter tumbuh kembang?