Sukses

Telinga Tersumbat Saat Terkena Flu

15 Oct 2015, 12:45 WIB
Pria, 39 tahun.

Dok, kalau kena flu, telinga kadang seperti ada kemasukan air atau seperti habis turun dari pesawat. Beberapa waktu seblum ini juga sama, saat kena flu tapi hilang dengan sendirinya. Kali ini cukup mengngganggu meskipun tidak terasa sakit. Apakah itu seperti ada lendir yang biasa keluar dari hidung pada saat flu tapi "nyasar" masuk ke dalam telinga? Apa yang harus saya lakukan sementara sebelum pergi ke dokter THT? Berbahayakah jika saya biarkan dan apakah akan hilang sendiri? Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda adalah telinga tersumbat saat sedang flu. Saluran lubang hidung kita memiliki muara di tenggorokan. Begitu pula halnya dengan telinga kita. Telinga dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar. (Baca: Waspadai Jika Telinga Berdengung)

Bila kita sedang flu, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat memicu terjadinya infeksi telinga, serta menimbulkan keluhan lain seperti nyeri telinga, rasa penuh atau berdengung pada telinga. Penumpukan lendir pada tuba merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Penumpukan cairan tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan cairan tersebut akan meningkatkan tekanan di dalam telinga dan dapat merusak gendang telinga, hal ini akan menimbulkan nyeri hebat pada telinga Anda. 

Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengobati penyebabnya, dalam hal ini flu atau infeksi pada saluran pernapasan. Apabila gejala flu mereda, umumnya gejala pada telinga juga ikut mereda, kecuali bila infeksi saluran pernapasan tersebut tidak diobati dalam waktu lama dan sudah menyebabkan infeksi di telinga, maka diperlukan pengobatan yang berbeda untuk infeksi di telinga tersebut. Kami menyarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis THT untuk mengobati flu Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar