Sukses

Keluar Haid Saat Berhenti Minum Pil KB

15 Oct 2015, 16:20 WIB
Wanita, 37 tahun.

halo dokter !istri sy baru 2mggu haid lalu harus opname 3hr karena indikasi gangguan infeksi saluran kencing(ginjal), selama opname tdk minum pil KB,setelah pulang itu koq haid lagi,apakah pengaruh obat selama opname itu pada hormonnya ????apakah normal itu dok ???

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pil KB yang dikonsumsi setiap sebulan sekali memiliki kandungan dua jenis hormon, yaitu estrogen dan progestin. Pil KB kombinasi tersebut harus dikonsumsi pada waktu yang sama setiap hari. Pil terdapat dalam 1 paket yang terdiri dari pil hormonal (warna kuning) dan pil pengingat (warna putih). Umumnya pil hormonal terdapat sebanyak 21 butir, sedangkan pil pengingat terdapat sebanyak 7 butir, sehingga semuanya berjumlah sebanyak 28 butir.  Jika Anda lupa mengonsumsi satu atau lebih tablet selama lebih dari 12 jam, maka perlindungan kontrasepsi menjadi menurun, dan kemungkinan untuk hamil menjadi meningkat apalagi jika tidak menggunakan kontrasepsi tambahan lain seperti misalnya kondom ketika berhubungan. Berikut beberapa aturan yang harus Anda lakukan jika lupa meminum pil KB tersebut:

  • Bila lupa minum 1 butir pil hormonal (berwarna kuning) maka harus minum 2 butir pil hormonal segera setelah Anda mengingatnya
  • Apabila lupa meminum 2 butir atau lebih pil hormonal (berwarna kuning), maka dalam 7 hari gunakan kondom apabila melakukan hubungan seksual atau hindari hubungan seksual selama 7 hari
  • Apabila lupa meminum 1 butir pil pengingat (berwarna putih) maka buang pil pengingat yang terlupakan

Dalam kasus istri Anda, pil KB tidak dikonsumsi selama 3 hari karena sedang dalam perawatan penyakit ISK. Umumnya pengobatan ISK tidak berdampak pada hormon seks wanita, sehingga tidak memberi pengaruh pada siklus menstruasi. Saat ini perdarahan yang terjadi pada istri anda kami duga akibat penghentian pil KB selama 3 hari tersebut. Memang umumnya wanita akan mengalami pendarahan sebelum jadwal menstruasi seharusnya apabila menghentikan konsumsi pil KB di tengah dosis paket pemakaian.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar