Sukses

Jamur Pada Wajah

23 Feb 2015, 12:01 WIB
Pria, 28 tahun.

Malam dok, mohon pencerahannya, sepertinya saya menderita jamur kulit wajah, apa obat yang bagus untuk penyakit seperti itu, Terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Siapakah yang mendiagnosis Anda memiliki jamur pada kulit? Apakah gejala atau keluhan yang Anda alami?

Kulit adalah organ yang melindungi dan menutupi permukaan tubuh. Kulit merupakan bagian tubuh kita yang bersentuhan langsung dengan segala hal di luar tubuh, seperti misalnya cuaca, sinar matahari atau yang lainnya. Fungsi kulit adalah sebagai pelindung, perabaan (ada syaraf / ujung syaraf), membantu mengatur suhu tubuh dan membantu mengendalikan hilangnya air dari tubuh (penyimpanan air dan penguapan). Kulit kita juga seringkali dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan, seperti udara yang kita hirup, sinar matahari dan air yang setiap hari kita gunakan untuk mandi. Keadaan lingkungan yang kurang bersih atau kebiasaan hidup yang tidak sehat ternyata dapat memicu terjadinya penyakit kulit seperti tumbuhnya jamur pada kulit.

Infeksi jamur pada kulit ini disebabkan oleh beberapa jenis jamur seperti dermatofit, kandida, dan malassezia furfur. Jenis jamur dermatofit menyebabkan penyakit dermatofitosis yakni infeksi yang disebabkan oleh kolonisasi jamur dermatofit. Jamur jenis ini menyerang kulit, rambut, dan kuku. Beberapa faktor mempengaruhi timbulnya infeksi jamur ini seperti faktor usia, jenis kelamin, genetik, adanya faktor endokrin dan metabolik, temperatur lingkungan seperti kelembaban tubuh. Keluhan yang biasa timbul adalah adanya rasa gatal dan akan bertambah bila berkeringat, bercak yang melebar, dan kumat-kumattan. 

Jamur kandida yang menjadi penyebab penyakit Kandidiasis merupakan penyebab timbulnya keputihan pada perempuan, kandidiasis popok pada bayi, dll. Sedangkan Malassezia furfur merupakan jenis jamur yang banyak menjadi penyebab penyakit kulit seperti panu. Menjaga pola hidup bersih dan sehat adalah salah satu upaya mencegah datangnya infeksi jamur pada kulit.

Bagaimana dengan Anda?

Penyakit kulit paling baik diobati dengan melakukan pemeriksaan kondisi kulit secara langsung terlebih dahulu. Karena tiap penyebab bisa memiliki terapi yang berbeda. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin guna penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar