Sukses

Menyusui Saat Hamil

05 Mar 2015, 13:06 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok anak pertama saya masih kuat asi ,apa lagi mau tidur, bisa sampe 1jam menyusu nya tetapi saya positif hamil lagi, jadi apa masih boleh saat hamil saya tetap menyusui ?? kalau tidak boleh lagi, gimana ya dok buat anak saya tidak mau asi atau tidak mau menyusu lagi Terima kasih dok

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Pada dasarnya Anda tetap dapat meneruskan pemberian ASI pada anak disaat sedang hamil. Yang terpenting adalah asupan nutrisi dan energi yang masuk dan keluar dapat seimbang.

Anda dapat menyusui anak saat hamil jika:

  • Kehamilan Anda dinyatakan aman dan sehat oleh dokter
  • Anak Anda masih dibawah usia 6 bulan. Jika tidak ada hambatan, hendaknya memang Anda tetap menyusui jika anak Anda masih dibawah usia 6 bulan, karena ASI merupakan asupan nutrisi utama dan yang paling dianjurkan pada anak dibawah usia 6 bulan.

Anda dianjurkan untuk tidak menyusui saat hamil hanya jika:

  • Anda mempunyai riwayat melahirkan prematur.
  • Anda mempunyai riwayat keguguran. Pada saat menyusui, tubuh akan memproduksi hormone oksitosin yang dapat membuat jaringan payudara berkontraksi dan mengeluarkan ASI (reflex ejeksi ASI) sehingga dapat membuat produksi ASI semakin meningkat, namun adanya hormon oksitosin di masa kehamilan dapat juga membuat kontraksi ringan pada uterus (Rahim) akan tetapi hal ini tidak menyebabkan kehamilan prematur karena jumlah hormone oksitosin yang dihasilkan tidak dalam jumlah banyak.

Namun jika memang Anda mempunyai riwayat keguguran dan ingin tetap menyusui anak Anda hendaknya melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan seperti:

  • Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang bergizi dan seimbang. Terutama yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah. Karena memasuki usia kehamilan trimester kedua, kandungan ASI didalam tubuh memiliki kualitas dan kuantitas yang mulai berbeda, sehingga untuk memenuhi kebutuhan gizi janin hendaknya Anda selalu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda setiap harinya.
  • Yang harus Anda penuhi adalah kebutuhan 650 kalori per hari jika anak yang masih menyusui berusia dibawah 6 bulan, namun jika anak tersebut sudah memasuki masa MPASI kalori yang Anda harus penuhi sekitar 500 kalori perhari. Jika sudah memasuki trimester kedua tambah asupan lagi sebanyak 350 kalori dan 450 kalori pada trimester ketiga.
  • Banyak minum air putih, minimal 8 gelas perhari.
  • Pada awal kehamilan, ibu mengalami keluhan seperti rasa sensitif di daerah putting yang berakibat nyeri saat melakukan proses menyusui, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.  
  • Pada saat memasuki usia kehamilan 16-20 minggu, kandungan ASI akan mengandung kolostrum, kolostrum diproduksi untuk persiapan bayi yang masih didalam kandungan pada minggu pertama kelahirannya, karena mengandung kaya nutrisi. Anak Anda yang sedang menyusui akan menyadari perbedaan rasa karena hal ini, tidak sedikit anak akan dengan sendirinya berhenti atau mungkin saja anak tidak merasakan perubahan dan tetap menyusu. Anda tidak perlu khawatir kolostrum akan habis saat proses melahirkan nantinya, tubuh akan terus memproduksi kolostrum sampai bayi dilahirkan.
  • Seiring dengan pertambahan usia kehamilan, produksi dari ASI juga menurun dan akhirnya berhenti. Hal ini juga bisa menjadi faktor anak Anda yang sedang menyusu untuk berhenti atas kemauannya sendiri.

Anda dapat mencoba mencampur ASI dengan susu formula, agar rasa susu formula yang asing di lidah anak tidak membuatnya kaget lantas menolak minum susu formula. Lama-kelamaan, tingkatkan jumlah susu formula dibandingkan ASI. Atau bisa dicoba memberikan susu formula dengan rasa yang menarik anak, seperti vanila, madu, coklat, atau stroberi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar