Sukses

Kulit Gatal Setiap Terkena Benda Kasar

23 Feb 2015, 12:11 WIB
Wanita, 16 tahun.

Salam untuk bapak/ibu dokter. Perkenalkan nama saya Vallen, tahun ini berumur 16. Saya ingin bertanya tentang masalah kulit yang sering muncul di kulit saya yang sudah terjadi hampir 4 tahun belakangan. Kulit saya sering muncul ruam2 merah dan gatal, paling parah pada bagian leher dan dada, biasanya ruamnya muncul saat kulit saya merasa gerah dan tergesek sesuatu yg kasar. Kadang juga bisa disertai bentolan2 sperti gigitan nyamuk di kulit yang terdapat bekas cetakan permukaan benda yg kasar, seperti bentolan di paha saya saat sehabis duduk di sofa yang kulitnya sudah terkelupas. Garukan sedikit saja pada kulit bagian leher dan dada juga akan menjadi semakin merah namun kadang tidk terasa gatal. Saya tidak tau apakah ini karena alergi atau bukan, dan jika memang alegri, alergi apa yg saya alami? bagaimana cara mengatasinya? Karena ini sangat mengganggu saya apalagi disaat sedang belajar disekolah. Mohon penjelasannya ya dokter. Maaf jika ada kesalahan kata dan penjelasan kurang jelas. Terima kasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan data yang Anda paparkan, kami menduga keluhan tersebut merupakan suatu urtikaria. Urtikaria adalah bentuk reaksi vaskuler pada kulit yang ditandai oleh edema dan eritema berbatas tegas (urtika) disertai rasa gatal yang bervariasi seperti, tersengat, rasa terbakar, seperti tertusuk-tusuk.

Kemungkinan faktor pencetus munculnya urtikaria pada Anda adalah trauma fisik, yaitu faktor tekanan atau goresan, pakaian ketat, ikat pinggang, suatu permukaan yang kasar. Urtikaria timbul setelah goresan dengan benda tumpul beberapa menit sampai beberapa jam. Fenomena ini disebut dermografisme atau fenomena Darier.

Diduga penyebab urtikaria bermacam-macam, diantaranya:

  • Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.

  • Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.

  • Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.

  • Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.

  • Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.

  • Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, 
    biasanya sembuh sendiri

Pengobatan yang paling ideal tentu saja mengobati penyebab atau bila mungkin menghindari penyebab yang dicurigai. Bila tidak mungkin paling tidak mencoba mengurangi penyebab tersebut, sedikit-dikitnya tidak menggunakan dan tidak berkontak dengan penyebabnya. Gejala dapat diobati dengan efektif. Beberapa obat yang dapat dipergunakan antara lain adalah antihistamin oral. Obat ini dapat mengontrol gejala bagi sebagian besar orang, namun tidak menghilangkan penyebabnya. Bedak juga dapat Ibu gunakan untuk mengurangi gatal yang ada. 

Apabila Anda sudah mengetahui penyebab dari munculnya biduran Anda, maka yang dapat Anda lakukan adalah menghindari penyebab munculnya gatal tersebut. Anda juga dapat melakuukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar