Sukses

Infeksi Jamur yang Tidak Kunjung Sembuh

23 Feb 2015, 10:58 WIB
Pria, 31 tahun.

Dok saya ada kendala dengan jamur yg tidak pernah sembuh terutama dibagian kaki dari mata kaki sampai paha sudah saya obati dengan segala macam obat jamur mulai dari cair, salep, obat minum sampe bedak, gatalnya terasa banget bila cuaca panas melekep dibagian kaki saya. Gimana mengatasinya dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Saya mengerti bahwa hal ini telah membuat Bapak khawatir dan tidak nyaman. Prinsip penanganan infeksi jamur terdiri dari beberapa hal:

  1. Konfirmasi infeksi jamur: apakah yang mendiagnosis bahwa Anda menderita jamur adalah dokter? sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter?

  2. Pengobatan infeksi

  3. Penghindaran faktor predisposisi

  4. Menghilangkan sumber penularan, dan

  5. Pencegahan penularan

Konfirmasi infeksi jamur dilakukan dengan pemeriksaan mikroskopik KOH. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan yang sangat mudah dan dapat dilakukan di Puskesmas.  Jika memang positif, dapat dilanjutkan dengan pengobatan. Pengobatan infeksi dilakukan dengan pemberian anti jamur oral (minum) atau topikal (krim). Pemilihannya tergantung luas dari infeksi jamur yang ada. Jika tidak begitu luas, dapat diberikan anti jamur krim. Jika infeksinya luas, dapat diberikan anti jamur oral, umumnya digunakan Griseofulvin 500 mg 1x per hari, diberikan selama 2 minggu atau lebih. Obat ini dapat dibeli dengan harga murah, dan tersedia di Puskesmas. Efek samping yang dapat muncul adalah gangguan fungsi hati, sehingga jika Bapak sedang ada penyakit hati (sakit kuning) akan dipertimbangkan pemberian obat lain. Setelah pengobatan oral selesai, dapat dilanjutkan dengan pengobatan krim anti jamur selama 2 minggu. Pengobatan akan terus dilanjutkan sampai hasil pemeriksaan mikroskopik menunjukkan hasil negatif 3x berturut-turut.

Yang tidak kalah penting adalah penghindaran faktor predisposisi dan sumber penularan. Hal ini dilakukan dengan cara mandi teratur dua kali sehari, berganti pakaian dalam setiap kali banyak berkeringat dan setiap kali mandi, menggunakan bahan yang tipis, menghindari kontak langsung dengan individu yang terinfeksi lainnya. Bapak sebaiknya juga tidak menggunakan handuk ataupun celana bergantian dengan orang lain. Celana Bapak sebaiknya juga direndam terlebih dahulu menggunakan karbol (untuk yang berwarna) selama 1 – 2 jam dan pemutih (untuk warna putih) selama 15 – 30 menit. Selain itu, Bapak juga harus menjaga kesehatan dan mempertahankan asupan nutrisi yang baik. Karena walaupun dilakukan pengobatan yang teratur tapi jika tidak diikuti dengan penghilangan sumber penularan dan faktor predisposisi, jamur akan muncul kembali.

Saya menyarankan Bapak untuk berobat ke Puskemas karena pemeriksaan serta obat-obat yang dibutuhkan tersedia di sana, dan dapat dilakukan penanganan yang menyeluruh. Penanganan infeksi jamur atau penyakit kulit yang tidak kompleks lain dapat ditangani oleh dokter umum.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu Bapak. 

Terimakasih

0 Komentar

Belum ada komentar