Sukses

Tulang Berbunyi, Perut Kembung

23 Feb 2015, 22:15 WIB
Wanita, 49 tahun.

Ketika melakukan gerakan perenggangan, pundak saya bunyi dok. Seperti bunyi ketika menekan ruas2 jari. Itu dapat terjadi berulang kali. Bagaimana solusinya dok? Apakah berbahaya? Perut saya kembung kayak masuk angin.belum sembuh2 dok. Mohon bantuannya

 

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda.

 

Bunyi yang terdengar saat menggerakkan/meregangkan sendi-sendi tubuh, secara umum adalah kondisi yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Penjelasan tentang bunyi ini masih belum diketahui seutuhnya.

 

Satu teori mengatakan bahwa bunyi berasal dari ligamen yang mengencang dengan cepat, atau dari perubahan posisi tendon di sekitar sendi, saat sendi digerakkan. Teori lain mengatakan bahwa bunyi berasal dari perpindahan gelembung udara yang terdapat di dalam cairan sendi, saat sendi digerakkan.

 

Bunyi tersebut yang tidak disertai keluhan lain tidak memerlukan tindakan khusus dan tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Tidak ada obat, suplemen, latihan otot, dan olahraga tertentu untuk mencegah timbulnya bunyi ini.

 

 

Perut kembung dapat disebabkan oleh banyak penyebab, bisa karena penyakit dari lambung, gangguan pencernaan atau lainnya. Keluhan perut kembung terkait lambung biasanya menyebabkan penderita mengeluh nyeri ulu hati yang bertambah berat dengan makanan, mual, sendawa, perut begah. Bagaimana dengan jenis makanan yang Anda konsumsi? Mungkin saja Anda mengkonsumsi jenis makanan yang dapat menyebabkan terjadinya kembung. Untuk informasi lengkap Anda, saya sertakan artikel:

4 Makanan Penyebab Perut Kembung

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Menghilangkan Kembung

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar