Sukses

Sesak Nafas Saat Mencium Asap, Bau Tajam, dan Kekenyangan

23 Feb 2015, 11:39 WIB
Pria, 28 tahun.

Sya slalu ssak npas dan paru2 sya meradang ktika sya mencium bau yg tjam tau asap dan saat kekenyangan.Sya sring ke dkter spesilis dlam tpi ttap sja sprti itu,mhon solusinya. Trimakasih dokter

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Perlu ditelusuri lebih lanjut berdasarkan data yang Anda berikan mengenai penyebab dari sesak napas yang Anda alami. Faktor pencetus yang memang jelas Anda jabarkan adalah asap rokok, bau tjam, dan kekenyangan, namun tidak menutup kemungkinan Anda memiliki pencetus lainnya dan gangguan dari organ pernapasan Anda. Adakah bunyi ngik-ngik selama Anda sesak nafas? Apa yang Anda maksud dengan paru-paru meradang, apakah Anda mengalami batuk-batuk?

Harus dilakukan anamnesis lengkap disertai pemeriksaan fisik secara langsung sertamungkin dilakukan pemeriksaan penunjang. TIndak lanjut dapat diambil apabila semua data sudah dikumpulkan dan dapat diambil kesimpulan mengenai penyebab dari keluhan yang Anda alami saat ini.

Apabila hanya berdasarkan data yang Anda berikan, kemungkinan yang terjadi adalah peningkatan sensitifitas Anda terhadap asap atau bau tajam yang dapat dipicu oleh faktor alergi atau gangguan dari organ paru. Selain itu, kadang kala perasaan seperti sesak nafas juga dapat berasal dari psikologis/ emosi, namun sebenarnya tidak memiliki keterlibatan organ tubuh. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kembali ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan terapi sesuai dengan penyebab yang ditemukan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar