Sukses

Nyeri Payudara

05 Mar 2015, 17:44 WIB
Wanita, 27 tahun.

Salam dok , , Saya mau tanya: payudara saya terasa nyeri kalau cuaca dingin dan terasa nyeri kalau di tekan. Apakah itu gejala kanker payudara ??? Kalau bukan itu gejala sakit apa dok ??? Sekian terima kasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya perlu diketahui sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah terdapat bengkak, benjolan, atau lainnya? Apakah ada gejala lain seperti kulit payudara kemerahan, nyeri saat disentuh, demam, payudara teraba panas?

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Kanker payudara biasanya mengenai wanita setelah melewati usia 35 tahun. Penyebab kondisi ini masih belum diketahui dengan pasti, namun terdapat beberapa faktor yang ditengarai berperan, seperti:

  • Genetik
  • Hormon
  • Makanan (tinggi lemak dan atau bersifak karsinogenik)
  • Radiasi.

Kanker atau keganasan di payudara dapat timbul dengan beberapa gejala sebagai berikut:

  • Pembengkakan atau benjolan di ketiak
  • Kulit di sekitar payudara mengerut seperti jeruk atau disebut peau d'orange
  • Puting tertarik ke dalam
  • Keluar cairan dari puting, dapat darah, bening, atau warna lain
  • Nyeri di benjolan (namun ini subjektif)
  • Perubahan dari puting seperti rasa gatal, panas, perlukaan.

Penegakkan diagnosis membutuhkan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk mengkonfirmasi ada / tidaknya benjolan dan atau kanker payudara, antara lain dengan ultrasonografi (USG) dan atau mammografi. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter agar memperoleh penanganan optimal.

Berikut kami lampirkan artikel yang dapat bermanfaat:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,
 
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar