Sukses

Bentol Pada Ketiak, Terasa Panas

13 Oct 2015, 20:17 WIB
Pria, 19 tahun.

Sore dok.. Kedua Ketiak saya terdapat bentol2 dan ketiak saya panas seperti terbakar hingga terasa sampai lengan dan leher..dan saya berkeringat saking panasnya...kira2 ini sakit apa dokter... Mohon infonya..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sejatinya dalam mendiagnosis kelainan pada kulit dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung untuk menilai jenis lesi, lokasi, luas, warna, dan kondisi kulit di sekitarnya. Untuk itu sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis penyakit Anda, karena tidak dapat melakukan pemeriksaan secara langsung.

Bila yang anda maksud bentol adalah sekelompok bentol berisi air yang terasa panas atau terbakar pada salah satu sisi tubuh, mungkin saja yang Anda alami adalah herpes zoster.

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Virus varisela zoster ini didapat saat seseorang terkena cacar air dan kemudian virus dapat tinggal di sistem saraf  dan dapat tereaktivasi  jika orang tersebut mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara.

Namun hal ini masih dugaan. Untuk dapat memastikannya dan mendapatkan penanganan yang tepat, Kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kulit terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar