Sukses

Keputihan Kental

23 Feb 2015, 14:36 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok.. saya ingin tnya mngapa miss V saya keluar kputih yg kentah sekali, dn sdikit berbau? padahal saya slalu mnjaga kebersihan miss V saya. mngganti celana dalam sampai 3 kali dlam shari. saya sdah mnikah, kata suami saya itu karena kita trlalu sering brhubungan hingga lecet yg mnyebabkan bau. mengingat suami saya sdikit hiper. dan trkadang brhubungan agak kasar. trims ats jawabnnya

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Keluhan yang terjadi pada Anda kemungkinan sudah terjadi infeksi bakteri/jamur/parasit. Namun untuk memastikan hal ini diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang oleh dokter. Menjaga kebersihan organ intim juga sangat penting dalam mencegah kekambuhan. 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar