Sukses

Bubur Instan Untuk Bayi

13 Oct 2015, 20:40 WIB
Wanita, 27 tahun.

Bayi saya usia 6 bulan dan mulai mpasi,dia lebih suka bubur instan drpd bubur buatan sendiri.aman dan sehatkah proses pembuatan dan bahan2 yg digunakan dalam bubur instan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Sumber yang terbaik bagi kebutuhan nutrisi anak tentunya berasal dari bahan alami. Sumber utama dari DHA pada anak usia 0-6 bulan adalah Air Susu Ibu. Karena itulah dianjurkan untuk ASI eksklusif selama 6 bulan. Orang dewasa mendapatkan sumber DHA dari ikan, minyak ikan, daging, dan kuning telur. Tubuh manusia juga dapat mensintesis DHA dari asam lemak omega 3 seperti yang banyak terdapat di kacang, minyak canola, dan makanan lain. Sayuran dan seafood juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk anak. Selain itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan anak Anda dari makanan yang dikonsumsi, yaitu dari sayur dan buah.

Akan lebih baik apabila sumber nutrisi tersebut didapatkan dari makanan yang dibuat sendiri. Selain alami, tentunya kebersihan dan kandungan gizinya lebih dapat dipertanggungjawabkan karena dibuat sendiri. Makanan yang dibuat sendiri pun juga berfungsi untuk memperkenalkan berbagai jenis makanan pada anak. Namun apabila memang tidak sempat membuat makanan sendiri dan harus menggunakan bubur instant pun tidak ada masalah asalkan Anda memperhatikan komposisi yang terkandung, serta tanggal kadaluarsanya. Pemberian bubur instan secara terus menerus pada Anak pada dasarnya tidak kami anjurkan, karena kandungan gizi yang terdapat pada bubur instan tidak mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi Anak. Pada makanan instan, umumnya mengandung kadar sodium yang cukup tinggi dan juga mengandung zat tambahan seperti pengawet, gula tambahan, dan pewarna makanan, yang jika dikonsumsi terus menerus dalam waktu lama dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memberikan bubur instan hanya pada kondisi tertentu saja dan tidak untuk konsumsi rutin.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar