Sukses

Mengatasi Prurigo

23 Feb 2015, 13:59 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo Dok saya mau tanya. Sudah 3bulan kulit saya gatal dan membekas. Awalnya hanya beberapa didekat mata kaki, karena nyamuk dan stelah itu membekas dan tidak bisa hilang, setelah 1bulan gatal saya bertambah diseluruh tubuh, kata dokter karena debu dan alergi. Saya sudah diberi obat dan salep betametason. saya memang sejak kecil suka makanan ayam dan telur, kata dokternya saya sudah mentok, dan hanya boleh makan tahu,tempe,daging,sayur saja. Stlh obat habis gatal saya tak hilang, hanya mengering dan trkadang mengeluarkan air jika tergaruk. Smpai saat ini gatalnya belum sembuh. Apkah ada solusi Dok dngn gatal saya ini? apakah darah manis juga bisa mnjadi penyebabnya? Itu saja, Terimakasih bnyk dok.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Menurut gejala yang Anda rasakan, yang Anda alami adalah prurigo. Prurigo adalah penyakit kulit yang dimulai sejak bayi atau anak. Kelainan kulit yang timbul terdiri atas bentol kecil berbentuk kubah yang sangat gatal, lebih mudah diraba daripada dilihat, terutama terletak pada anggota gerak. Kulit prurigo akan peka terhadap gigitan serangga dan nyamuk. Beberapa faktor lain berperan antara lain suhu, adanya parasit cacing, infeksi saluran cerna atau amandel, alergi makanan, dan adanya latar belakang atopi (alergi).

Karena penyebab prurigo belum diketahui, maka tidak ada pengobatan yang tepat. Terapi prurigo adalah menghindari hal-hal yang ada kaitannya dengan prurigo, yaitu menghindari gigitan nyamuk atau serangga, mencari dan mengobati infeksi, dan memperbaiki kebersihan diri dan lingkungan. Untuk mengurangi gatal dapat menggunakan obat antihistamin seperti CTM, loratadin, cetirizine. Untuk pengobatan oles dapat digunakan dalam bentuk bedak kocok atau salap yang di dalamnya mengandung sulfur dan menthol atau kamper untuk mengurangi gatal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar