Sukses

Tenggorokan Anak Penuh Dahak

22 Feb 2015, 11:22 WIB
Pria, 7 tahun.

Dokter anak saya azkaa berusia 6 1/2 tahun. Kmarin dia batuk dan minum obat batuk yg mengandung antitusive. Namun sehabis minum waktu dia tidur terdengar nafasnya agak nerat disertai suara ngkrok2 seperti tenggorokannya penuh dahak. Apakah sebenarnya yg terjadi? Apakah hal ini di sebabkan minum obat batuk tsb? Apa tindakan berikutnya?

 

Ibu yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Salam kami untuk buah hati Anda.

 

Sudah berapa lama anak Anda batuk? Apakah sebelumnya batuk berdahak? Apakah terdapat riwayat alergi dalam keluarga Anda? Batuk-batuk pada Anak, terutama yang terjadi pada pagi hari atau saat tertentu ketika suhu udara dingin perlu mungkin diakibatkan karena hiperreaktivitas bronkus. Pada saat udara dingin maka saluran pernapasan akan berespon mengeluarkan lendir untuk menghangatkan dan menjadi lebih reaktif untuk mengeluarkan lendir tersebut. Sering kali yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan pakaian hangat pada buah hati Anda, dan atau mengoleskan cairan/minyak penghangat. 

 

Obat batuk juga dapat menyebabkan dahak menjadi lebih encer, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Jika pada waktu tidur, mungkin dapat terjadi dahak bertumpuk pada daerah tenggorokan.

 

Jika keluhan buah hati terus berlanjut, kami sarankan Anda membawa si kecil mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga si kecil cepat sehat kembali!

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar