Sukses

Meningitis

25 Feb 2015, 11:03 WIB
Pria, 19 tahun.

dok, saya mau tanya tentang hubungan antara peradangan otak ringan dan meningitis ? soalnya, saya punya pacar dia mengalami peradangan otak ringan dok.. saya baca di internet, ada hubungannya dengan meningitis.. dia sudah mau hampir 2 minggu pusing secara terus-menerus dok ? bagaimana cara menyembuhkan peradangan otak ringan ini dok ? obat tradisional apakah yg cocok digunakan utk menghilangkan penyakit ini, dok ? terima kasih..

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Meningitis diambil dari kata meninges yang berarti selaput otak dan –itis yang berarti peradangan, jadi meningitis adalah peradangan pada selaput otak. Seperti infeksi pada umumnya, penyebab dari penyakit ini adalah virus dan bakteri. Meningitis yang disebabkan serangan bakteri biasanya berdampak lebih buruk pada orang yang mengidapnya.

Ketika pertahanan tubuh kita lemah, bakteri penyebab meningitis akan menyerang kita dan masuk ke selaput otak, disana ia berkoloni dan akibatnya timbulah reaksi peradangan dari tubuh kita. Karena erat hubungannya dengan otak, infeksi ini seringkali menimbulkan gejala-gejala yang berhubungan dengan sistem saraf pusat. Gejala-gejala yang menonjol antara lain nyeri yang timbul saat kepala menengok ke kanan atau ke kiri, dan gejala infeksi pada umumnya seperti suhu tubuh yang kian tinggi.

Meningitis ini jika ditangani dengan tepat memiliki prospek yang baik ke depannya untuk pasien dapat sembuh, namun jika terlambat ditangani, kematian bisa jadi salah satu akibat yang ditimbulkan oleh meningitis. Pengobatan meningitis bergantung pada penyebabnya. Sejauh ini belum ada obat tradisional yang terbukti bisa menyembuhkan meningitis.

Kami sarankan agar membawa pacar Anda untuk berobat ke dokter spesialis saraf agar mendapatkan terapi yang tepat.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar