Sukses

Perkembangan Janin

22 Feb 2015, 16:51 WIB
Wanita, 39 tahun.

Dok,saya ingin menanyakan pada usia kandungan brp minggu seorang ibu bisa merasakan adanya gerakan janin dan bisa merasakan detak jantung bayi yg dikandung dengan perabaan saja. Saya sdh melakukan test kehamilan sendiri dg test pack dan hasilnya positif,skrg saya sdh terlambat 2 minggu dari hitungan haid bln lalu, tp waktu di usg kantung bayi memang sdh ada tp bayinya msh blm terlihat, hingga dilakukan pemeriksaan dlm. Sebenarnya pd minimal usia kandungan brp gambaran bayi bisa terlihat dilayar usg. Terima kasih atas jawabannya.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Selamat atas kehamilan Anda ya, semoga buah hati dan Anda sehat selalu! Janin juga seperti layaknya manusia dewasa, ia beraktivitas, butuh nutrisi, dan butuh tidur setiap harinya. Gerakan janin dapat dirasakan pada usia kehamilan 15 minggu keatas, umumnya mungkin hanya gerakan-gerakan lembut yang lama kelamaan akan menjadi lebih kuat. Detak janin pada usia 3,5 bulan itu normal sudah terdengar.

Sampai pada usia kehamilan 28 minggu, gerakan janin belum terlalu bermakna, dalam artian belum dapat menjadi indikator kesehatan seperti layaknya trimester terakhir. Gerakan janin mulai teratur pada usia kehamilan lebih dari 28 minggu.  Pada kehamilan trimester ini, karena janin yang belum terlalu besar dan cairan ketuban yang banyak maka janin dapat bergerak cukup aktif bahkan dapat berputar-putar dalam rahim.

Menjelang trimester ketiga, janin dapat membuat gerakan sebanyak 30-40 gerakan per jam. Gerakannya mulai lebih rutin dan umumnya ketika anda dalam kondisi tenang. Apabila anda beraktivitas, gerakan janin justru tidak sebanyak biasanya. Menjelang minggu ke-36 sampai akhir, posisi janin yang sudah memenuhi ruangan rahim justru menyebabkan janin tidak banyak bergerak karena ruang gerak yang sempit. Paling tidak rata-rata ibu harus merasakan janin bergerak kira-kira 10 kali dalam 12 jam.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar