Sukses

Kelopak Mata Masih Bengkak Setelah Operasi Bintitan

12 May 2015, 21:39 WIB
Wanita, 19 tahun.

salam.. saya sudah melakukan 2x insisi hordeolum, pada bulan mei tahun lalu dan seminggu yang lalu. alasan dari insisi yang kedua ini karena masalah estetika/penampilan akibat bekas insisi di konjungtiva saya yang belum hilang (justru terlihat berkantung mata yang jika diraba terdapat lapisan yang tebal dengan ada bulatan amat kecil di dalamnya). dan hasil dari insisi kedua ini pun sama saja!. tidak ada yg berubah. saya heran knp tidak bisa sembuh total. rasanya saya ingin seluruh lapisan kulit tebal dan benjolan/bulatan kecil di konjungtiva itu diangkat sekalian, krn mata kiri saya jadi terlihat berkantung, jelek. dokter mata pernah bilang kalo kelenjar minyak di bulu mata yg saya miliki terlalu berlebihan krn faktor gen, akibat kondisi kulit yang berminyak. tapi apakah hanya sebatas ini penanganan maksimal yg bisa diberikan untuk orang2 yang berlebihan minyak seperti saya??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bintitan atau hordeolum dapat mengenai kelopak mata bagian dalam maupun luar. Internal hordeolum biasanya seringkali berkembang menjadi kalazion. Hordeolum disebabkan oleh infeksi sedangkan kalazion disebabkan oleh penyumbatan kelenjar meibom.

Pada kalazion Anda akan mengalami bengkak namun tidak disertai nyeri. Biasanya benjolan akan hilang dalam waktu 2-8 minggu, namun ada beberapa kasus yang masa penyembuhannya lebih lama. Umumnya kekambuhan sering terjadi. Penanganannya dapat dengan mengompres hangat selama 15 menit 4 kali sehari, pengobatan untuk kalazion dapat dengan penggunaan kortikosteroid dan insisi.

Kami sarankan Anda untuk tetap mengikuti pengobatan yang telah diberikan oleh dokter mata Anda dan melakukan konsultasi ulang untuk mengetahui penyebab bengkak yang tak kunjung sembuh. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar