Sukses

Dapatkah Pertumbuhan Tinggi Badan Dihentikan

09 Mar 2015, 10:53 WIB
Wanita, 15 tahun.

sya kelebihan tinggi badan dokter, bagaimana solusi agar tinggi badan saya ini tetap 172 cm.??? dan solusi agar tinggi badan saya tidak kembali...

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua. Tapi tidak menutup kemungkinan tinggi badan tersebut dapat bertambah meskipun tidak terlalu banyak .Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan masih akan terus berlangsung apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan umunya akan menutup pada usia 20-21 tahun. Selama masih terbuka, seseorang tidak dapat menutup lempeng epifisis tersebut dan menghentikan pertumbuhan tulangnya. Namun bila tinggi badan sudah melebihi normal dan dicurigai ada kelainan hormon, maka periksakanlah diri Anda ke dokter spesialis Anak.

Pertumbuhan tinggi badan seseorang akan memuncak selama ia mengalami pubertas, yang pada laki-laki biasanya berlangsung pada rentang usia 12 - 16 tahun. Setelahnya, pertambahan tinggi badan masih mungkin bertambah selama lempeng epifisis belum tertutup, hanya saja berlangsung lebih lambat.

Kami sarankan agar Anda mensyukuri apa yang diberikan oleh Tuhan kepada Anda, sebab banyak sekali orang lain yang menginginkan tubuh yang tinggi. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar