Sukses

Wasir Saat Hamil

23 Feb 2015, 12:23 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya. Saya menderita wasir. Wasir itu kluar saat saya BAB, tpi stlah itu sya dorong kembali hingga masuk lgi dok. Tidak mengeluarkan darah. Apakah berbahaya pada kehamilan saya? Dan bagaimana jika saatnya nanti sya melahirkan? Apakah bisa melahirkan secara normal dok? Trims

 

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Wasir/ambeien atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus. Keadaan ini umumnya ditandai olehadanya benjolan di dubur. Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemorrhoid eksternal.

Hemorrhoid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal.

Hemorrhoid interna muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I       : wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II      : wasir keluar dari rektum saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III   : wasir keluar saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus didorong kembali dengan tangan
  • Grade IV   : wasir keluar dari rektum namun tidak dapat dimasukkan kembali

Wasir derajat 1 atau 2 tidak membutuhkan operasi. Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, dan perbanyak minum air putih. Penggunaan obat anti-hemorrhoid yang dimasukan lewat dubur bermanfaat untuk mengurangi gejala. Jika sudah derajat 3 atau 4 dan sangat mengganggu, maka anda membutuhkan tindakan pembedahan/operasi. 

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan ataupun memperberat hemorrhoid antara lain terlalu banyak duduk, susah buang air besar, proses melahirkan, pembesaran prostat, terlalu sering mengangkat benda berat, dsb. Kesalahan makan juga dapat menyetuskan timbulnya gejala-gejala hemorrhoid, terutama jarang mengonsumsi serat dan kurang asupan cairan.

Hemorrhoid tersebut tidak akan berpengaruh buruk pada bayi Anda. Mengenai proes kelahiran bisa disesuaikan engan derajat wasir Anda. Kami sarankan sebaiknya saat Anda mau melahirkan, Anda bisa mendiskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Berikut ini kami sertakan beberapa artikel terkait yang dapat menambah informasi Anda :

Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar