Sukses

Pusing Berputar

23 Feb 2015, 13:08 WIB
Pria, 38 tahun.

halo dok, Saya mau nanya keluhan yang sering saya alami yaitu serasa bumi berputar kalau dari posisi duduk ke mau rebah atau mau berdiri. Kejadiannya hanya sebentar tapi terjadi hampir tiap hari, nah apakah ini termasuk anemia krn klo ditensi tekanan darah normal tuh dok? Pengobatan yang saya lakukan adalah minum sangobion tiap hari tapi kok efeknya abis minum pagi/siang sore-malam bisa demam? kalau berhenti minum obat itu demam lagi besoknya... Nah bagaimana penanganan untuk penyakit yang saya alami ini dok? mohon penjelasannya & terima kasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda saat ini. Terdapat beberapa kemungkinan diagnosis dari pusing berputar dan diperlukan pemeriksaan langsung untuk menegakkan sebuah diagnosis. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, salah satu kemungkinan penyebab pusing berputar adalah Vertigo. Mengenai anemia sebelumnya harus didiagnosa dengan pemeriksaan tubuh serta pemeriksaan darah, mengenai tekanan darah, apakah sebelumnya Anda pernah dilakukan pemeriksaan tekanan darah? Tekanan darah normal adalah kurang dari atau sama dengan 120/80.

Vertigodidefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak

  2. Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter? Kami menyarankan Anda konsultasi ke dokter neurologi atau THT untuk evaluasi lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel yang dapat membantu Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar