Sukses

Persiapan Kehamilan

02 Mar 2015, 16:31 WIB
Wanita, 23 tahun.

Sore dok, saya AL. Saya ingin bertanya untuk kehamilan kita harus mempersiapkan keadaan fisik masing-masing pasangan. Nah, yang saya ingin tanyakan kira-kira berapa bulan untuk kita sebagai pasangan cek fisik sebelum hamil. Dan apa saja yang penting harus kita cek?. Terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsutasi KlikDokter.

 
Hal yang perlu dipersiapkan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami). Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas. Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
 
Untuk mengetahui resiko infeksi pada kehamilan dapat dilakukan pengecekan TORCH (toxoplasma, rubella, cytomegalovirus, dan herpes simpleks) saat persiapan hamil.  Adanya penyakit ini pada saat kehamilan, terlebih saat trimester pertama, dapat menyebabkan kelainan kongenital pada janin.
 
Pemeriksaan organik wanita atau pria seperti pemeriksaan analisa sperma, HSG (histerosalpingografi), pemeriksaan hormon, tidak terlalu disarankan untuk pemeriksaan rutin kehamilan. Selain beberapa prosedur pemeriksaan cukup invasif juga menghabiskan biaya yang mahal.
 
 
Demikian penjelasan dari kami. Semoga bermanfaat.
 
Salam,
 
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar