Sukses

Benjolan Dileher Kiri

12 Oct 2015, 13:18 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat siang dok, nama saya hany, saya adalah seorang mahasiswi, beberapa bulan terakhir saya mengetahui ada benjolan dileher kiri. dan sudah sebulan terakhir benjolan tersebut semakin membesar,berwarna merah, dan sering terasa sakit.saya sering demam tiba-tiba dan kehilangan nafsu makan juga berkeringat dimalam hari. apakah yg sedang saya alami ini bisa disebut kanker getah bening(limfoma) dan bagaimana cara mengobati/penyembuhannya! mohon sarannya dok. trima kasih. salam

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Sayang sekali kami tidak dapat menentukan penyebab benjolan Anda karena tidak dapat melakukan pemeriksaan secara langsung. Mungkin saja yang Anda alami benar pembesaran KGB, namun belum tentu merupakan kegananasan. Pembesaran KGB biasanya terjadi pada kondisi yang disertai infeksi pada area sekitar, misalnya radang tenggorokkan, amandel, atau telinga, atau bisa juga disebabkan infeksi pad paru-paru.

Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut  berbahaya atau tidak.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar