Sukses

Nyeri di Payudara

23 Feb 2015, 17:04 WIB
Wanita, 17 tahun.

Payudara bagian bawah terasa sakit saat ditekan, tetapi tidak ada benjolan, ini baru pertama kali saya merasakan sakit di bagian bawah payudara. Saya sudah coba kompres dengan air hangat, tapi sakitnya tetap tidak hilang. Apa ini karena ukuran bra yang salah? Atau ini adalah gejala tumor? Saya takut dan khawatir sekali jika sampai terjadi dok. Bagaimana cara mengobatinya dok? Trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Apakah yang Anda maksudkan adalah nyeri pada payudara? Sejak kapan keluhan dirasakan?Apakah ada benjolan? Apakah nyeri berhubungan dengan haid? Kapan saja nyeri dirasakan berkurang atau bertambah?

Nyeri pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Umumnya, nyeri pada payudara menjelang menstruasi disebabkan oleh perubahan hormonal. Pengaruh hormonal ini memang berbeda-beda diantara masing-masing individu. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. 

Jika keluhan nyeri dirasakan sangat menganggu, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

 

Berikut kami berikan artikel tambahan untuk menambah informasi Anda:

Bagaimana Mengetahui Ukuran Payudara yang Tepat

No Bra Day: Pemakaian Bra Menyebabkan Kanker Payudara Tidak Sepenuhnya Benar

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar