Sukses

Bercak Darah Pada Celana Dalam

12 Oct 2015, 20:58 WIB
Wanita, 20 tahun.

blkangan ini saya rajin olahraga.. terutama mlakukan squat angkat dumble dll mskipun baru brjalan smggu ini. tp 3 hr blkangan ini knpa seperti kluar brcak darah d clana brwarna coklat ya dok ? apa ada hubungannya dgn olahrga sy ? trmkasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pertama, perlu terlebih dahulu dipastikan sumber darah yang ada pada celana dalam Anda, apakah dari saluran reproduksi atau saluran kencing, atau dari dubur/saluran cerna. Apakah bercak darah disertai lendir? seperti keputihan? adakah rasa gatal? bagaimana dengan BAB dan BAK Anda? bagaiman ddengan siklus haid Anda, apakah teratur?

Saat ini kami menduga bercak darah berwarna coklat yang terdapat pada celana Anda merupakan flek-flek atau disebut dengan spotting. Ada banyak penyebab spotting, yaitu: 

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)

  2. Penggunaan kontrasepsi oral

  3. Ketidakseimbangan hormon

  4. Infeksi pada alat kelamin

  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 

  6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)

  7. Kanker serviks 

  8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)

  9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)

  10. Hiperplasia endometrial

  11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Kelelahan setelah beraktivitas berat juga bisa memicu timbulnya flek ini. Selain itu flek-flek coklat yang terjadi  juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim, misalnya setelah melakukan hubungan seksual atau masturbasi. Untuk itu, kami sarankan agar dilakukan pemantauan dan jika terjadi lagi, Jika keluhan spotting ini tetap berlanjut dan tidak berhubungan dengan siklus menstruasi Anda, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar