Sukses

Kista Endometriosis Vs. Kedelai

12 Oct 2015, 21:08 WIB
Wanita, 24 tahun.

Siang dok. Izin bertanya. Apa benar penderita kista endometriosis tidak boleh mkn kedelai? Lalu kalau mkn kecap boleh nggak?terimakasih dok. Fitri Jawa barat

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kista coklat atau yang biasa dikenal dengan kista endometriosis meruapakan kista yang tumbuh pada permukaan ovarium (indung telur). Kista coklat ini menyerang bagian dalam ovarium membentuk kantung yang berisi darah. Kista ini disebut sebagai kista coklat karena terdapat penumpukan darah berwarna merah kecoklatan hingga gelap. Ukuran kista coklat sebesar kacang dan bisa tumbuh lebih besar dari buah anggur.

Sampai saat ini penyebab pastinya belum diketahui pasti, dan tidak ada pola makan tertentu yang dapat mempengaruhi tumbuhnya kista ovarium. Namun terdapat kemungkinan adanya pengaruh hormonal terhadap pertumbuhan kista.

Kedelai diketahui mengandung fitoestrogen, yaitu sewaya yang memiliki aksi estrogenik maupun anti-estrogenik, oleh sebab itu sebaiknya Anda menghindari atau mengkonsumsi kecap atau produk kedelai dalam batas yang wajar atau seperlunya saja.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar