Sukses

Ukuran Payudara Berbeda, Normalkah?

20 Feb 2015, 11:41 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat pagi dokter :) saya mau tanya dokter, payudara saya ukurannya tidak sama antara kiri dan kanan, lebih besar yang kanan , saya sudah mengecek secara alami dengan memegang memutar payudara, tapi saya tetap bigung saat memegang memutar payudara kanan sepertinya tidak ada benjolan. ukuran beda ini sdah sejak saya SMP sepertinya dokter, dan tidak ada rasa sakit. wajar tidak dokter kalau ukuran payudara tidak sama? terima kasih :)

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Payudara terdiri atas jaringan lemak dan kelenjar. Perbedaan ukuran payudara bukan merupakan salah satu gejala kanker payudara. 

Payudara terdiri atas jaringan lemak dan kelenjar yang akan memproduksi air susu di kala hamil dan menyusui. Rasio antara jaringan lemak dan kelenjar bervariasi di antara masing-masing individu. Ukuran payudara dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya adalah genetik (keturunan) dan berat badan.  

Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.

  2. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.

  3. Perubahan pada puting  susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.

  4. Nyeri pada payudara.

Setiap wanita perlu mengetahui kondisi payudaranya dengan baik dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan rutin setiap 1 bulan sekali.

Berikut artikel seputar payudara yang dapat menambah informasi Anda:

5 Langkah Periksa Payudara

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar