Sukses

Penanganan Wasir

20 Feb 2015, 11:59 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok saya punya temen dia berusia 20tahun dan kurang lebih 2bulan terkena wasir...disaluran pencernaa akhir terdapat 3benjolan dan disaat malam hari terasa sakit...yang ingin saya tanyakan apakah wasir itu bisa disembuhkan atau tidak..atau harus melalui jalan operasi yaa dok...terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Wasir/ ambeien/hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Tipe dan derajat hemorrhoid bervariasi; mulai dari yang dapat terlihat tepat pada muara rektum/dubur/anus, hingga hemorrhoid yang hanya keluar saat mengejan dan kemudian dapat masuk spontan atau perlu pendorongan dengan tangan, hingga yang tidak dapat dimasukkan kembali. Perdarahan menetes pada hemorrhoid biasanya tidak nyeri dan disebabkan karena iritasi. 

Pengobatan hemorrhoid tergantung pada tipe dan derajat hemorrhoid itu sendiri. Mulai dari perubahan gaya hidup dengan melakukan pencegahan agar gejala tidak memberat sampai dengan tindakan operasi. 

Beberapa pencegahan hemorrhoid yang dapat Anda lakukan:

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari

  • Olahraga

  • Mengurangi mengedan

  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)

  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.

  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.

  • Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Untuk dapat menentukan penatalaksanaan pada pasien dengan wasir, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter supaya dapat ditentukan derajat wasir. Obat wasir yang dapat Anda gunakan adalah Cinchocaine Hydrochloride 2.5mg. Obat ini dipakai dalam dua sediaan yaitu tablet yang dimasukkan ke dalam anus dan obat oles untu dioles ke sekitar anus. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dokter spesialis bedah untuk terapi lebih lanjut. Sehingga dapat direncanakan penanganan selanjutnya.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar