Sukses

Bengkak Pada Testis

20 Feb 2015, 16:23 WIB
Pria, 16 tahun.

Dokter, sy mengalami sakit, dan testis sy merasa bengkak saat sy berusia 14 tahun, dan sy hanya mendiamkannya saja karena malu bertanya, sekarang sy berusia 16 tahun rasa sakitnya sudah tidak terasa tapi testis sy masih bengkak, tolong penjelasan dan solusinya dokter?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Pembengkakan pada testis dapat disebabkan oleh beberapa penyebab yaitu infeksi (orchitis), hidrokel, dan hernia. Penyebab dari ketiga penyakit tersebut berbeda-beda. Hidrokel terjadi akibat penumpukan cairan pada testis. Sedangkan hernia atau masyarakat menyebutnya turun berok, hal ini terjadi karena pada proses pembentukan janin lapisan otot otot inguinalis (perbatasan antara rongga perut dan pinggul) tidak tertutup dengan sempurna sehingga menyebabkan turunnya usus. Gejala klinis pada ketiga penyakit tersebut juga berbeda, pada infeksi, didapatkan gejala peradangan seperti nyeri, demam, kemerahan. Sedangkan pada hernia, gejala peradangan akan timbul apabila telah terjadi komplikasi.

Penatalaksanaan pada Anda dapat dilakukan setelah ditegakkan diagnosis. Penegakan diagnosis pada Anda diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Sebaiknya Anda menghubungi dokter umum atau dokter spesialis urologi untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar