Sukses

Cairan dari Penis di Pagi Hari

02 Mar 2015, 22:02 WIB
Pria, 34 tahun.

Tanya : - kenapa kalo setiap bangun pagi, setiap hari sllu keluar sperma pdhl tdk mimpi basah /berpikir tentang seks, apakah itu normal?? - trs pengaruhnya ke pembuangan buang air kecil suka perih, knpa?? Trma kasih atas jawaban nya Dokter.

Selamat pagi dan terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Pada prinsipnya terdapat tiga macam cairan yang dapat keluar dari lubang kemaluan, yaitu urin, cairan semen/air mani, dan cairan ejakulat yang mengandung sperma. Urin terbentuk dari sisa metabolisme tubuh yang harus dikeluarkan oleh tubuh, sedangkan air mani dan cairan ejakulat terbentuk sebagai respon dari rangsangan seksual yang diterima. Kedua cairan ini pada akhirnya akan berperan dalam membantu terjadinya proses pembuahan sel sperma dengan sel telur.

Air mani dan cairan ejakulat dapat dibedakan dari warna dan konsistensinya. Air mani atau cairan semen merupakan cairan bening yang berasal dari kelenjar prostat (60%), kelenjar vesika seminalis (30%), dan sedikit kelenjar bulbouretral. Cairan ini berfungsi untuk membantu transportasi, memberi nutrisi, membantu pergerakan sperma, dan memiliki fungsi lubrikasi saat penetrasi. Selain itu, air mani mengandung cairan basa yang dapat menetralisir keasaman pada uretra laki-laki dan vagina wanita. Fungsi ini sangatlah penting mengingat asam dalam konsentrasi tinggi dapat membunuh sel sperma.

Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih,perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainya. Dalam penyakit gonorhea ada yang disebut dengan morning drip,yaitu nanah yang menetes dari saluran kemih pada pagi hari. Jika keluhan Anda tidak berwarna putih dan tidak disertai oleh gejala penyerta seperti nyeri saat berkemih, nyeri perut bawah dan anyang-anyangan kemungkinan bukan gejala morning drip.
Akan tetapi kami tidak dapat memastikan diagnosa tanpa adanya pemeriksaan fisik secara langsung. Untuk memastikan diagnosa pasti terhadap keluhan yang Anda rasakan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 
Salam sehat,
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar