Sukses

Keputihan Putih Susu

20 Feb 2015, 00:18 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat siang, Dokter, setelah saya menggunakan obat luar untuk daerah intim. ternyata selang beberapa hari terjadi keputihan dan bahkan ada seperti tisue/selaput berwarna putih susu dari daerah intim saya. tapi tidak berbau dan tidak terjadi sakit/keluhan lain. Mohon untuk jawabanya, apakah ini berbahaya atau tidak? dan bagaimana cara menanganinya? Terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Keluhan yang terjadi pada Anda kemungkinan sudah terjadi infeksi jamur. Namun untuk memastikan hal ini diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang oleh dokter. Faktor pencetus infeksi pada Anda bisa jadi disebabkan oleh obat luar daerah intim Penggunaan obat luar daerah intim secara rutin dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri yang secara normal yang berada di daerah intim. Hal ini memicu terjadinya infeksi. Selain itu faktor pencetus lain juga dapat dipertimbangkan sebagai penyebab seperti kelembaban daerah intim akibat pakaian dalam tidak menyerap keringat, penggunaan pakaian dalam/celana yang terlalu ketat, dll. Apabila benar Anda mengalami infeksi jamur, maka Anda dapat menggunakan antijamur seperti clotrimazol. Menjaga kebersihan organ intim dan menghindari pencetus penyakit juga sangat penting dalam mencegah kekambuhan.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar