Sukses

Cara Orang Tua Menyikapi Anak Yang Agresif

11 Oct 2015, 20:49 WIB
Wanita, 40 tahun.

bgmn menyikapi anak yg berprilaku agresif

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Namun sebelumnya perlu dijelaskan, berapa usia anak anda saat ini? apa jenis kelaminnya? sejak kapan Anak anda menunjukkan keagresifannya? Apakah anda tau pemicunya? Dalam hal apa sifat agresif ini muncul? apakah anak anda agresif yang menuju kepada kekerasan?

Agresivitas adalah bentuk tingkah laku menyerang baik secara fisik maupun verbal, atau baru berupa ancaman yang disebabkan adanya permusuhan. Tingkah laku ini seringkali muncul sebagai reaksi emosi anak terhadap frustasi, misalnya karena dilarang melakukan sesuatu.

Perlu ditelusuri lebih lanjut dari mana Anak mencotoh tindakan tersebut, apakah dari orang tua atau orang dewasa dilingkungan tempat dibesarkan, teman, atau dari media informasi.

Untuk menyikapinya, anda perlu mengenali apa saja yang dapat memicu tindakan agresif anak. Lakukanlah pendekatan secara verbal, dengan memberikan contoh berkomunikasi yang baik dan menjelaskan kepada Anak bahwa tindakan yang dilakukannya bukanlah perbuatan yang baik.

Jika anak sudah terlanjur memiliki kebiasaan yang demikian, dan pendekatan verbal tidak banyak memberikan pengaruh kepada Anak, cobalah untuk lebih tegas kepada Anak. Misalnya memberikan ganjaran untuk tingkah lakunya yang tidak baik, tidak menanggapi sikap agresifnya, atau memberikan jalan alternatif untuk menyalurkan emosinya; dengan mengikuti olahraga atau seni bela diri.

Jika tingkah laku anak sudah mengarah kepada tindakan kriiminal, kami anjurkan Anda mencari bantuan profesional, misalnya dengan membawa anak kepada psikiater untuk mengetahui lebih dalam pemikiran anak anda utnuk dapat membantunya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar