Sukses

Terapi Untuk Kanker Serviks

11 Oct 2015, 20:59 WIB
Wanita, 40 tahun.

sy didiagnosa gejala awal kanker serviks lewat pemeriksaan iva dan sdh cryoterapy. mnrt dokter apakah dsh tepat tindakan lewat cryoterapy

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pengobatan kanker yang umumnya diberikan adalah :

  • Pembedahan atau operasi

  • Kemoterapi (dengan obat – obatan) 

  • Radioterapi (menggunakan sinar radiasi).

Radioterapi

Terapi penyinararan atau terapi radiasi merupakan suatu metode pengobatan yang menggunakan suatu radiasi ionisasi untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor. Terapi radiasi ini akan menghancurkan sel-sel yang terdapat di area radiasi (yang menjadi target radiasi) dengan merusak materi genetik di dalam sel, sehingga sel tersebut tidak mampu untuk terus tumbuh dan berkembang. Disamping merusak sel kanker, radiasi ini juga akan merusak sel normal yang terdapat di area radiasi, namun pada umumnya sel-sel yang normal akan kembali pulih dari efek radiasi dan dapat berfungsi normal kembali setelah beberapa waktu.

Hampir separuh dari penderita kanker akan mendapatkan terapi radiasi. Terapi radiasi ini dapat digunakan sendiri ataupun dikombinasi dengan obat kanker lainnya, seperti kemoterapi atau operasi.

Pada beberapa kasus, pengobatan kanker yang dipilih adalah kombinasi antara operasi dan radiasi.  Meskipun operasi pengangkatan tumor dikatakan telah berhasil, namun untuk kasus tumor ganas biasanya terapi tetap dilanjutkan dengan radiasi atau dengan kemoterapi untuk menyakinkan bahwa tidak ada sel sel tumor yang tersisa di dalam tubuh dan untuk mencegah terjadinya penyebaran sel kanker ke bagian baigan lain di dalam tubuh. Terapi radiasi hanya diberikan untuk jenis-jenis kanker yang memang dapat dihancurkan dengan radiasi, karena tidak semua sel kanker dapat dihancurkan dengan terapi radiasi ini.

Penyinaran dalam (radiasi internal) yaitu terapi radiasi dimana sumber radiasi ditanam di dalam tubuh, sehingga lokasiny amenjadi sangat dekat dengan tumor yang menjadi target radiasi atau bahkan ditanam di dalam tumor itu sendiri. Energi yang digunakan pada radiasi internal dapat berasal dari berbagai bahan radioaktif, seperti iodium 125 atau 131, strontium 89, phosphorous, palladium, cesium, iridium, phospate atau cobalt.

Kemoterapi:

Kemoterapi adalah memasukan obat-obatan melalui infus untuk membunuh sel-sel kanker. Efek kemoterapi sebagai pengobatan kanker yang paling sering terjadi adalah mual-muntah, mielosupresi (menekan produksi darah), kelelahan, rambut rontok dan sariawan. Efek samping terjadi, akibat obat kemoterapi tidak hanya membunuh sel kanker tapi juga sel normal yang ikut membelah cepat. Namun efek samping kemoterapi bersifat sementara, dapat kembali normal setelah kemoterapi selesai.

Dasar pemilihan terapi akan disesuaikan dengan stadium dan luasnya kanker yang terjadi. Oleh karena itu kami sarankan anda untuk kembali berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar