Sukses

Bentol-bentol Pada Kulit

20 Feb 2015, 14:32 WIB
Wanita, 27 tahun.

Sudah 2 bln ini saya sering alergi bentol" sampe sebadan badan tapi kadang kumat kadang engga

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda, bentol-bentol pada kulit yang langsung menghilang dapat merupakan biduran (urtikaria). 

Diduga penyebab urtikaria bermacam-macam, diantaranya:

  • Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.

  • Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.

  • Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.

  • Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.

  • Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.

  • Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, 
    biasanya sembuh sendiri

Selain deskripsi yang lengkap, untuk mengetahui diagnosis penyakit kulit diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Untuk itu saya sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik langsung dan penanganan yang optimal. 

Untuk mengetahui secara pasti bahan-bahan penyebab alergi pada Anda, perlu dilakukan tes alergi yang disebut juga skin prick test atau patch test. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

Namun jika urtikaria tiba-tiba timbul, Anda dapat meredakannya dengan meminum obat golongan antihistamin. Golongan antihistamin yang dapat menyebabkan rasa kantuk adalah CTM, difenhidramin, Sedangkan golongan antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk adalah Loratadine, Cetirizine. Bila keluhan tidak membaik segera ke dokter untuk tata laksana selanjutnya. Namun, lebih baik anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mendapat pengobatan ini.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar