Sukses

Penyebab Jerawat

20 Feb 2015, 08:59 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya..d punggung saya ad semacam jerawat itu sejak saya mulai kuliah, terkadang ilang tp suka muncul lagi aplgi klo mulai mau haid..kira2 apa penyebabnya dan bagaimna penyembuhannya?apa bisa sembuh sprti semula dan bekasnya bakal hilang?terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Jerawat atau dalam dunia medis dikenal sebagai akne adalah peradangan kulit menahun pada kelenjar minyak. Secara garis besar,terdapat 3 jenis akne, yaitu :

  1. Akne vulgaris yaitu perubahan jumlah kelenjar lemak akibat pengaruh faktor penyebab, biasanya terjadi pada remaja karena pengaruh hormon, stres, makanan, cuaca, usia, dll

  2. Akne venenata yaitu terjadi akibat penutupan kelenjar oleh kosmetik, detergen, dll

  3. Akne fisis yaitu akibat penutupan saluran kelenjar lemak akibat sinar matahari, radiasi, dan sinar ultraviolet

Selain itu terdapat pula kelainan yang memiliki gejala mirip dengan akne yaitu erupsi akneiformis, yang disebabkan konsumsi obat tertentu dalam waktu lama ( steroid, ACTH,INH, vit B12, dll).

Pada kasus Anda kemungkinan diagnosis adalah Akne Vulgaris yang dicetuskan antara lain oleh hormon dan stres. Untuk mengobati pasien dengan keluhan seperti Anda diperlukan usaha pencegahan dan pengobatan.  Usaha pencegahan yang dapat dilakukan :

  1. Menghindari pencetus terjadinya jerawat dengan mencari tahu kemungkinan pernyebab, hidup teratur, sehat, cukup istirahat, hindari stress, olahraga, mengindari debu, pemencetan jerawat, konsumsi makanan pedas, alkohol dan merokok

  2. Menghindari terjadinya peningkatan jumlah minyak antara lain dengan makan makanan rendah lemak dan karbohidrat, melakukan perawatan untuk membersihkan kulit secara teratur

Pengobatan pasien dengan jerawat dapat dibedakan menjadi obat oles dan obat minum. Obat oles yang dapat digunakan antara lain sulfur dan asam retinoat. Obat minum yang dapat digunakan antara lain antibiotik , antiperadangan, dan hormonal.

Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll.  Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu Prosedur Chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. 

Penegakan diagnosis pada Anda memerlukan wawancara dan pemeriksaan fisik secara langsung. Selanjutnya Anda dapat menghubungi dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar