Sukses

Mengatasi Anak Demam

20 Feb 2015, 14:52 WIB
Wanita, 33 tahun.

Seberapa pentingkah obat penurun panas anak? Apakah sebuah keharusan memberikannya saat suhu anak >38C? Ada pendapat yang mengatakan bahwa sebenarnya penurun panas tidaklah baik karena "memaksa" tubuh menurunkan suhu secara drastis (menjadi tidak alami prosesnya). Terima kasih...

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami ingin bertanya beberapa hal. Anda mengatakan anak anda demam,berapa suhu anak anda tepatnya? sudah berapa lama keluhan ini dirasakan? Berapakah usia anak Anda? Apakah demam anak Anda dirasa sepanjang hari atau naik turun? Apakah ada keluhan lain selain demam? Demam merupakan mekanisme normal oleh tubuh saat tubuh ingin melawan benda asing seperti bakteri, virus dan lainnya. Kemungkinan besar bila demam anak tidak turun-turun setelah lebih dari 3 hari maka terdapat infeksi yang perlu diatasi. 

 

Kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter jika dalam waktu 2-3 hari, demam (terutama demam tinggi) tidak juga dapat teratasi dengan pemberian obat penurun panas biasa. Diperlukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk mengetahui penyebab demam anak Anda. Untuk sementara berikan air putih yang banyak kepada anak Anda, berikan makanan bergizi, kompres dengan air hangat, serta perbanyak istirahat.

 

Berikan juga obat penurun panas seperti paracetamol saat suhu anak Anda naik, pemberian paracetamol bisa 3-4x dalam sehari. Oleh karena demam yang tinggi pada anak terkadang bisa menyebabkan kejang demam maka saat suhu anak sudah diatass 39 derjat celcius harus lebih waspada. Pada suhuh anak yang tinggi sekali terkadang juga bisa diberikan obat penurun panas atau obat anti-kejang melalui bokong.

 

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Demam pada Anak

Demam

Benarkah Batuk Pilek Karena Kehujanan?

Penurun Demam Perlemah Imun 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar