Sukses

Kaki dan Tangan Lemas dan Dingin

14 Mar 2015, 13:40 WIB
Pria, 26 tahun.

kaki dan tangan lemas, kaki terasa dingin, jari-jari kaki tidak bi9sa mencengkram dengan kuat sehingga tidak bisa jijnjit dan lari, tangan gemetaran, kemudian alat kelamin pun ikut kurang berfungsi dengan baik. ini penyakit apa? ini saya alami sejak 11 tahun yang lalu

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah Anda memiliki keluhan lain seperti lemas, pingsan , jantung berdebar-debar, pusing? Sulit sekali bagi kami untuk menentukan penyebab keluhan yang Anda rasakan tanpa melakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis terarah terlebih dahulu.

Berbagai faktor dapat menyebabkan keluhan kaki dan tangan dingin, namun seringkali kaki dan tangan dingin merupakan salah satu gejala tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg, walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. Akibatnya suplai darah ke berbagai organ juga dapat menurun. Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih. 

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh menstruasi, perdarahan yang banyak, dehidrasi, diet yang yang berlebihan, pengaruh obat hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, kehamilan dan gangguan hormonal. 

Penanganan hipotensi tergantung dari penyebab dasarnya. Namun beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah : 

  1. Segera berbaring dan angkat kaki Anda melebihi tinggi jantung
  2. Konsumsi garam yang lebih banyak
  3. Banyak minum air, hindari alkohol
  4. Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering)

Kami sarankan Anda segera konsultasi langsung dengan Dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan diketahui penyebab pasti dari keluhan Anda sehingga dapat diberikan terpai yang optimal.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda terkait tekanan darah:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar