Sukses

Penanganan Karies yang Menyebar

19 Feb 2015, 10:53 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau tanya dong. Jadi saya punya karies gigi, sebelumnya karies saya sudah ditambal tapi setelah beberapa bulan karies ini muncul lagi dan malah semakin menyebar ke gigi yg lainnya. Untuk penanganannya harus ditambal lagi atau tidak sih dok? Makasih dok.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami dan memahami kekhawatiran Anda. Karies atau lubang pada gigi tidak boleh dibiarkan tanpa mendapakan perawatan dari dokter gigi, karena dapat berdampak serius bagi kesehatan gigi itu sendiri dan kesehatan tubuh dan juga lubang dapat bertambah lebar serta dalam yang jika terus dibiarkan gigi dapat mengalami mati dan rentan terhadap terjadinya infeksi. Perawatan yang diperlukan pada gigi Anda tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi.

Apabila gigi masih dapat ditambal maka akan dilakukan perawatan penambalan, namun bila sudah tidak dapat ditambal atau dilakukan perawatan lainnya maka gigi akan dicabut. Sebaiknya segera lakukan perawatan pada gigi Anda didokter gigi agar dapat memperkecil resiko yang mungkin terjadi akibat gigi berlubang tersebut. 

Jagalah kebersihan gigi dan rongga mulut Anda dengan semaksimal mungkin agar gigi yang masih sehat dan tidak mengalami gigi berlubang dapat terbebas dari resiko gigi berlubang. Sikatlah gigi 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berfluoride serta dengan metode menyikat gigi yang benar sehingga kebersihannya bisa maksimal dan bersihkan selah-selahnya dengan menggunakan benang gigi.

Berikut artikel yang dapat Anda baca terkait pertanyaan Anda.

Rupa-rupa Tambalan Gigi

Gigi berlubang, Jangan Takut Bor

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Penyebab Gigi Berlubang?

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar