Sukses

Muncul Tahi Lalat & Nyeri di Payudara

20 Feb 2015, 10:43 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, apakah tahi lalat yang muncul tiba-tiba merupakan gejala kanker payudara? Soalnya diwajah saya muncul tahi lalat kecil,bewarna hitam dan tidak menonjol. Saya sendiri tidak tahu persis kapan tepatnya tahi lalat itu muncul. Sepertinya baru beberapa minggu terakhir. Payudara saya jg sering terasa nyeri akhir2 ini jika tersenggol sedikit saja. Apalagi jika tertekan saat tidur. Terimakasih, tolong dijawab ya dok. (perempuan,22 tahun)

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah muncul tahi lalat secara tiba-tiba dan nyeri di payudara. Munculnya tahi lalat bukan merupakan gejala kanker payudara. Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai tahi lalat beserta penangannya dan kanker payudara.  

Tahi lalat dalam istilah medis dinamakan Nevus. Nevus melanositik oleh orang awam dikenal sebagai istilah “tahi lalat” atau andeng-andeng (nevus pigmentosus). 

Nevus adalah tumor yang paling sering dijumpai pada manusia, merupakan tumor yang berasal dari sel-sel melanosit. Nevus umumnya muncul saat lahir atau segera setelah lahir, terbanyak pada dewasa muda, dan menurun pada orang tua.

Pada dasarnya nevus tidak memberikan gejala apa-apa jika memang nevus itu jinak. Namun kita perlu mengenal tanda-tandanya jika nevus itu ganas antara lain :

  • Ulserasi (luka) dan perdarahan spontan
  • Membesar dan warna lebih gelap
  • Pigmen menyebar dari ke kulit sekitarnya
  • Disekitarnya ada lesi-lesi yang lebih kecil mengelilinginya
  • Inflamasi tanpa didahului trauma
  • Nyeri dan gatal

Tahi lalat ini dapat berkembang dikarenakan iritasi kronik yang salah satunya disebabkan karena pajanan sinar matahari. Karena itu, hindarilah paparan sinar matahari langsung dan gunakan krim/losion tabir surya ketika keluar rumah. Tahi lalat dengan ukuran yang cukup besar seperti yang Anda sebutkan biasanya dapat dihilangkan dengan tindakan operasi kecil. Obat-obatan tidak memberikan hasil baik pada penanganan tahi lalat yang besar.

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit (eksklusi bila tidak ada benjolan).

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. Apakah Anda memiliki riwayat seperti ini? Bila Ya, maka Anda tidak perlu khawatir.

Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.

  2. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.

  3. Perubahan pada puting  susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.

  4. Nyeri pada payudara.

Setiap wanita perlu mengetahui kondisi payudaranya dengan baik dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan rutin setiap 1 bulan sekali. Tidak semua perubahan pada payudara merupakan tanda kanker payudara. Ada juga perubahan yang merupakan pertanda normal. Setiap 1-2 minggu sebelum menstruasi, keadaan payudara memang dapat berubah menjadi agak membengkak, dapat terasa nyeri dan biasanya dirasakan di seluruh bagian payudara. Perubahan ini akan menghilang dalam waktu 1 minggu setelah menstruasi berakhir.

Berikut artikel seputar payudara yang dapat menambah informasi Anda:

5 Langkah Periksa Payudara

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar