Sukses

Menghadapi Teman dan Atasan Yang Suka Menghina

11 Oct 2015, 21:26 WIB
Pria, 35 tahun.

Yang ingin saya tanyakan, bagaimana menghadapi teman atau atasan yg suka mengolok dan candaan yg mengandung hinaan..terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Bullying adalah suatu hal yang berbahaya untuk perkembangan kejiwaan. Bullying verbal adalah tindakan berupa mengejek, memberi julukan yang tidak pantas, mengintimidasi dengan kata-kata kasar, menghina baik yang bersifat pribadi maupun rasial dan pernyataan-pernyataan bernuansa ajakan seksual.

Berikut tips menghadapi bullying;

  • Cobalah untuk berbagi

Ceritakanlah masalah yang anda hadapi kepada orang-orang yang dapat anda percaya. Amati dan paahami bagaimana mereka menanggapi masalah yang Anda hadapi dan pertimbangkanlah mengenai saran yang mereka berikan.

  • Pelajari tentang situasi

Cari tahu apa yang bisa anda lakukan untuk mencoba menghentikan kekerasan tersebut atau mencari solusi yang dapat membuat anda merasa aman.

  • Tegaslah dalam bersikap

Misalnya dengan mengabaikan atau bahkan menyuarakan pendapat bahwa andatidak senang bila diusik, atau meminta atasan lainnya yang dapat membantu Anda.

  • Meningkatkan rasa percaya

Libatkan diri anda dalam kegiatan yang mampu mendorong bakat  keluar. Jangan mudah menyerah bila gagal dan teruslah berusaha untuk  menemukan kelebihan-kelebihan lain yang Anda miliki.

  • Catat fakta dan rincian penting

Tuliskan rincian-rincian penting seperti tanggal, orang-orang yang terlibat, dan apa yang terjadi secara detail. Bila ada, simpan screenshot, teks, dan lain-lainnya yang bisa dijadikan barang bukti. Catat fakta dengan seobjektif mungkin.

  • Hubungi pihak yang berwenang

Bila perlakuan yang Anda dapatkan telah mengarah kepada kriminalitas, mintalah bantuan atasan atau pihak yang berwajib dalam menyelesaikan masalah dan mencari jalan penyelesaian.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar