Sukses

Bercak Darah Setelah Berhubungan Intim

12 Mar 2015, 11:19 WIB
Wanita, 29 tahun.

Pagi dokter Sya sudah menikah 3 tahun, tp blm prnah hamil. Usg trnsvaginal prtma ktanya sel telur saya kecil. Usg ke 2, 3 bulan stelahny, dokter blg sel telur saya normal. Dan tidak mengatakan ada miom, kista dsb. Dokter saya baru menyadari bahwa, setelah berhubungan intim lewat masa subur akan keluar bercak darah dr organ intim, apalagi jika saya kuat kontraksinya. Jika berhubungan sebelum masa subur tidak keluar bercak darah. Saya tidak memberikan info ini pd dokter saat periksa dulu karena awalnya saya pikir biasa saja. Tapi akhirnya saya jadi terganggu. Lokasi saya jauh dr rumkit (5 jam prjlnan), shg agak susah kalau hrs ijin dr kantor untuk periksa ke rumkit. Apakah ini karena kandungan saya lemah dokter? Apakah ada kemungkinan bahwa saya sebetulnya sedang hamil lalu keguguran saat keluar bercak darah? Mohon penjelasan dari dokter. Terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perdarahan atau flek yang muncul setelah haid atau dalam masa ovulasi perlu dicari penyebabnya. Gangguan tersebut umumnya diakibatkan karena gangguan hormon. Gangguan tersebut dapat disebabkan karena:

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease
  • Gangguan hormon karena berbagai sebab lainnya

Untuk mencari tahu penyebab keluhan Anda, perlu diketahui juga riwayat medis lengkap Anda, pola siklus haid sebelumnya, dan adakah penggunaan obat kontrasepsi. Dokter juga perlu melakukan beberapa pemeriksaan seperti tes laboratorium terkait hormon reproduksi, maupun pap smear.

Karena banyaknya kemungkinan yang dapat terjadi, kami sarankan sebaiknya Anda kembali memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda agar dapat dievaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya, sehingga dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. 

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kesehatan Kewanitaan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap Anda seputar kesehatan kewanitaan.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar