Sukses

Anak Batuk Disertai Biru

20 Feb 2015, 09:02 WIB
Wanita, 24 tahun.

Malam dok.saya rina,saya sudah melahrikan anak perempuan sudah habir 2bulan Anak saya mengalami batuk sampai kalo batuk badannya memrah n bibirnya biru.saya sudah membawanya ke bidan 2x ke dokter udah 2x Tapi kok blum sembuh sembuh dokter.bagaimana dan harus apa saya minyikapi anak saya agar smbuh.kalo kenyataannya disedot lehernya itu berbahaya apalagi dya masih kecil.mohon bantuannya

Terima kasih telah menggunakkan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan anak Anda mengalami keluhan tersebut? Apakah anak Anda mengalami sesak napas? kesulitan menaikkan berat badan? Apakah anak Anda mengalami keluhan lain seperti demam, pilek? Apakah biru pada anak terjadi di lokasi lain seperti lidah, kuku dan jari? Apakah saat lahir anak Anda menangis kuat? Apakah saat lahir anak Anda terlihat biru?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anak Anda alami termasuk di dalam batuk kronis karena sudah lebih dari 2 minggu. 

Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)
  2. Alergi
  3. Asma
  4. Tuberkulosis (TBC)
  5. Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)

Selain hal di atas batuk dan pilek dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit jantung bawaan. Biru dalam b=istilah medis dikenal sebagai sianosis. Sianosis disebabkan oleh berkurangnya kadar oksigen dalam darah yang dapat merupakan pertanda adanya penyakit paru obstruktif atau penyakit jantung bawaan.

Pada penyakit jantung bawaan kelainan sianotik memiliki pengertian bahwa bayi mempunyai gejala klinis biru pada kulit dan membrane mukosa (bibir) yang disebabkan karena peningkatan konsentrasi hemoglobin deoksigenasi (hemoglobin yang tidak mengandung oksigen). Sianosis tersebut terjadi akibat dari aliran darah atau hemoglobin yang miskin akan oksigen mengalir dari bagian kanan jantung ke bagian kiri jantung (right to left shunt) dan mengalir ke seluruh tubuh (akibat dari defek atau kerusakan sekat jantung). Darah yang miskin akan oksigen tidak dapat memenuhi kebutuhan oksigen jaringan sehingga menimbulkan gejala klinis kulit dan membrane yang berwarna kebiruan.

Namun untuk memastikan nya kami sarankan Anda untuk membawa anak Anda berkonsultasi ke dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik sehingga dapat diketahui penyebab pasti dan ditangani dengan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan . Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar