Sukses

Mengatasi Jerawat

09 Oct 2015, 10:54 WIB
Wanita, 30 tahun.

Smenjak Sy promiL apriL-juLi'14, yg biasa'y jrawat 1-2 & saat haid aja, jd jrawat rada besar&banyak di muka...agustus-des'14 stop promiL tp jrawat smakin parah... Cara mengatasi'y gimana dok? Tetap promiL tp ga jrawatan? Jan-Feb ini sy promiL herbaL cina, tp msh jrawatan jg tp ga separah promiL dokter... Makasi...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saat anda mengatakan sedang 'promil dokter', apakah yang Anda maksud adalah mengkonsumsi obat-obatan untuk kesuburan? Bila iya, obat apa saja yang anda konsumsi? Bila benar jerawat anda timbul akibat dipicu oleh konsumsi obat tersebut, sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter Anda, mungkin saja terdapat obat yang bisa diganti atau dikurangi dosisnya untuk mencegah tumbuhnya jerawat tersebut. Namun, jerawat tidak hanya terjadi akibat pengaruh hormon. Untuk itu akan kami bahas lebih lanjut mengenai penyebab dan solusi jerawat.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  1. Stres
  2. Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  3. Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  4. Keturunan dari orangtua
  5. Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. 

Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stres dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah.

Kami sarankan Anda kembali mengunjungi dokter Anda untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda.

Berikut artikel-artikel kami mengenai "Jerawat":

5 Bahan Alami Mengatasi Jerawat

8 Hal yang Harus Dihindari dalam Perawatan Jerawat

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Stress dapat Memperparah Jerawat

Tetap Cantik Kala Berjerawat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar