Sukses

Ingus Bercampur Darah

09 Oct 2015, 11:04 WIB
Wanita, 13 tahun.

Assalammualaikum Dok, saya punya keluhan. saya sudah kena flu berminggu- minggu, dan tadi pagi saya membuang ingus saya dengan cukup kuat, lalu saya melihat ada darah kental yang bercampur dengan ingus. karna flu ini, kepala saya sakit dan saya sering mengantuk. tapi ini bukan yang pertama, dok. kejadian yang lebih parah pernah terjadi tahun lalu. saat itu, saya muak dengan flu yang sudah berbulan- bulan tak sembuh dan tidak ada obat yang bisa menguranginya. lalu, saya membuang ingus saya kuat- kuat di tissue, namun yang keluar bukan cairan bening atau hijau, melainkan cairan tipis kental yang memanjang berwarna merah, dan saya yakin itu bukan ingus. darah kental itu keluar setiap kali saya membuang ingus. kepala saya sakit dan rongga hidung saya pedih. bahkan, jika saya mendekatkan lubang hidung saya ke cahaya, saya bisa melihat kulit bagian dalam hidung saya berwarna merah. dan seingat saya, saya sering membersihkan kotoran hidung saya dengan jari saya yang kukunya panjang. saya membiarkannya dan hanya memakan obat flu yang biasa dan darah itu hilang sendiri. walaupun hilang sendiri, tapi saya khawatir, apakah flu saya sangat parah? apakah ini pertanda penyakit lain? terimakasih, Dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Adanya ingus bercampur darah bukanlah suatu keadaan yang normal. Adanya darah berarti ada pembuluh darah yang pecah. Hal ini dapat dipicu akibat kebiasaan mengeluarkan ingus secara keras, teruatama apabila anda sedang batuk dan pilek. Selain itu adanya darah pada ingus dapat juga merupakan mimisan, dimana darah yang keluar biasanya lebih banyak.

Oleh karena itu kami sarankan anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang anda rasakan saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar